Puisi Guru Terbaik Karya Chairil Anwar


Hallo semuanya, berjumpa lagi dengan saya, admin dari blog ini. Sebelumnya saya minta maaf ya kalau isi dari blog ini kurang begitu banyak, karena sudah sibuk di dunia nyata. Namun saya tetap menyempatkan waktu untuk memperbarui isi blog ini. Untuk artikel kali ini saya akan membagikan sebuah puisi dari Chairil Anwar yang masih mengungkapkan sebuah perasaan kagum atas guru yang telah banyak berjasa kepada kita semua. Pada artikel yang terdahulu saya sudah membagikan puisi dari Chairil Anwar yang mengungkapkan kekaguman terhadap sosok seorang guru, silakan baca selengkapnya Puisi Terima kasih Guru Karya Chairil Anwar.

Sebelum kita masuk ke puisinya saya kan membahas sedikit tentang isi puisi. Puisi kali ini yang akan saya bagikan dan sedikit pembahasan yaitu puisi yang berjudul Guru Terbaik Karya Chairil Anwar. Baiklah mari kita bahas bersama-sama. Kita lihat pada bait pertama pada puisi ini bahwa seorang guru mempunyai kelebihan yang luar biasa yaitu intelektual. Intelektual dari seorang guru ini mampu membuka atau membuat pikiran siswa menjadi terbuka dan berguna dalam artian dapat menggunakan pemikiran mereka menghadapi persoalan yang ada.

Selain itu seorang guru juga mampu melatih mental dan otot mereka ketika mereka terjun di lapangan (kehidupan). Sehingga mereka akan dapat mengambil suatu keputusan yang bijak dan tepat. Menentukan tujuan dari mereka di dunia ini agar menjadi orang yang merdeka dalam hal finansial dan rohani. Jadi jangan meremehkan seorang guru. Dan untuk menjadi seorang guru terbaik maka harus dapat mendorong dan menggugah para murid untuk mampu mengeluarkan potensi diri mereka.

Nah itu sedikit pembahasan mengenai puisi yang akan saya bagikan. Baiklah berikut puisi Guru Terbaik karya Chairil Anwar.

Guru Terbaik

Para guru membuka pikiran para murid
Menunjukkan mereka keajaiban intelektual
Dan membantu mereka menggunakannya

Para guru melatih otot mental para murid
Melenturkan dan menguatkannya di lapangan
Agar mereka dapat mengambil keputusan bijak

Menemukan tujuan mereka di dunia
Dan menjadi orang merdeka
Dalam finansial dan rohani

Guru terbaik mempunyai cukup perhatian
Untuk mendorong dan menggugah para murid
Memaksa mereka mengeluarkan yang terbaik
Untuk memaksimalkan potensi mereka


(Chairil Anwar)

Tidak ada komentar