Contoh Naskah Drama Satu Babak

Contoh Naskah Drama Satu Babak
Contoh Naskah Drama Satu Babak
Assalamu alaikum wr. wb. selamat malam sobat sekalian. Pernahkah kalian mendapatkan tugas membuat naskah drama satu babak? pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah contoh dari naskah drama satu babak. Sebelum itu saya akan memberitahukan kepada kalian bahwa dalam menulis naskah drama kita harus memahami beberapa poin berikut 
1. Judul dari naskah yang kita buat
2. Paragraf pembuka monolog)
3. Pelaku dan watak
4. Setting
5. Alur
6. Amanat

Jika kalian sudah mempunyai berkas dari beberapa poin di atas maka kalian siap untuk membuat naskah drama satu babak dengan kalimat kalian masing-masing. Penjelasan selengkapnya saya akan buatkan dalam artikel yang berbeda. Kembali lagi pada topik bahasan kali ini, saya akan memberi contoh dari naskah drama satu babak yang telah saya buat sendiri, silakan dibaca dan diberi kritik dan saran ya hehe

TOLONGLAH AKU

Babak 1
MENUNGGU TERUS MENUNGGU, ITU YANG LAKI-LAKI LAKUKAN. SEJAK DULU LAKI-LAKI ITU SELALU MENCARI-CARI DIA, KINI SUDAH BERTAHUN-TAHUN SEJAK LAKI-LAKI ITU MELEPAS MASA SEKOLAHNYA. LAKI-LAKI ITU SEDANG MENUNGGU SESEORANG YANG TELAH ADA DI HATINYA. SETIAP DIA TIDUR, SESEORANG ITU SELALU DATANG KE DALAM ALAM MIMPINYA. PEREMPUAN ITU SELALU MEMINTA TOLONG KE LAKI-LAKI ITU.
PEREMPUAN                    : Tolong aku! (suara yang menyeramkan)
LAKI-LAKI PUN TERBANGUN DARI TIDURNYA KARENA SIMBOK MEMBANGUNKAN DIA DARI TADI. LAKI-LAKI ITU BANGUN DENGAN RASA KETAKUTAN. KERINGAT PUN MENGIRINGI TERBANGUNNYA DIA DARI MIMPINYA YANG MENYERAMKAN ITU.
SIMBOK                             : Den, bangun, den. Ini sudah pagi. Aden nanti ketinggalan jamu langganan aden loh. Ayo cepat bangun den.
LAKI-LAKI                        : Arrghhh. Aduh mimpi apa tadi? Kok menyeramkam sekali.
SIMBOK                             : Masya allah. Aden kenapa kok teriak-teriak simbok sampai kaget den.
LAKI-LAKI                        : Gak ada apa-apa mbok.
JAM MENUNJUKKAN PUKUL 07.00 PAGI. LAKI-LAKI ITU SEDANG DUDUK SANTAI DI TERAS RUMAHNYA SAMBIL DITEMANI OLEH SECANGKIR KOPI DAN SEBUAH KORAN PAGI.
SIMBOK                             : Ini den, kopi sama koran paginya.
LAKI-LAKI                        : Oh iya, mbok, terima kasih.
LAKI-LAKI                        : Ih, perempuan  yang selalu datang ke mimpiku itu siapa sih? Kenapa dia selalu datang ke mimpiku terus? Mungkin ada sesuatu yang ingin dia sampaikan. Entah itu apa aku tak tahu. Perempuan itu sungguh membuat aku selalu resah setiap aku tidur.
KETIKA LAKI-LAKI ITU SEDANG MEMIKIRKAN PEREMPUAN YANG SELALU DATANG KE ALAM MIMPINYA YANG SELALU MEMBUAT TIDURNYA TIDAK NYENYAK. TIBA-TIBA PENJUAL JAMU LEWAT DI DEPAN RUMAHNYA.
PENJUAL JAMU               : Jamu! Jamu! Jamunya mas. (teriak-teriak menawarkan jamu yang di gendongnya)
LAKI-LAKI                        : Eeeh. (terkejut)
PENJUAL JAMU               : Jamunya, mas.
LAKI-LAKI                        : Kamu mar. Kamu buat aku kaget saja mar. Untung nggak jantungan, coba kalau jantungan. Kamu mau ganti jantungmu mar.
PENJUAL JAMU               : Hehe…kamu kaget mas. Maaf deh mas, maaf. Marni kan nggak tahu kalau mas toni lagi bengong. Tapi kenapa mas kok bengong pagi-pagi begini?
LAKI-LAKI                        : Gak ada apa-apa kok, mar.
PENJUAL JAMU               : Ya sudah gapapa kalau mas nggak mau cerita. Beli jamu gak mas?
LAKI-LAKI                        : Boleh mar. Ada jamu anti jantungan nggak?
PENJUAL JAMU               : Duh. Mas toni nyindir marni ya. Kok mesennya begitu. Jamu anti jantungan gak ada mas.
LAKI-LAKI                        : Haha…oh gak ada ya. Cuma bercanda mar. Saya buatkan jamu kunir asem saja mar.
PENJUAL JAMU               : Iya mas. (menuangkan jamu ke gelas)
                                             Ini mas jamunya. Silahkan dinikmati.
LAKI-LAKI                        : (minum jamu yang dipesan)
                                             Enak banget, mar, jamumu. Jadi berapa, mar?
PENJUAL JAMU               : Alhamdulillah kalau mas toni suka. Jadinya Rp 2000 mas.
LAKI-LAKI                        : ini mar. (memberikan uang)
PENJUAL JAMU ITU AKHIRNYA PERGI MENINGGALKAN SI LAKI-LAKI. SINAR MATAHARI SEMAKIN MEMANCARKAN SINARNYA MENANDAKAN SUDAH PUKUL 08.00 WIB, TERASA PANAS SEKALI DI DEPAN RUMAH. LAKI- LAKI ITU SEGERA MASUK KE DALAM RUMAH UNTUK SEGERA BERANGKAT KERJA. DIA BEKERJA DI SALAH SATU KANTOR DI KOTA. KETIKA IA BERGEGAS BERANGKAT TERNYATA DI DEPAN SUDAH ADA YANG MENJEMPUT YAITU TEMAN KANTOR SI LELAKI NAMA JULUKANNYA JABRICK. SI JABRICK BEGITU CARA DIA MEMANGGIL TEMAN SEKANTORNYA.
SI JABRICK                       : Kentus, buruan kita sudah terlambat nih.
LAKI-LAKI                        : Iya, ini juga sudah siap.
DI DALAM LAKI-LAKI ITU INGIN SEKALI MENCERITAKAN TENTANG MIMPINYA ITU KEPADA SI JABRICK.
LAKI-LAKI                        : Brick. Aku mau cerita nih.
SI JABRICK                       : Cerita apa? Tumben kamu curhat sama aku. Hahaha
LAKI-LAKI                        : Ah, aku serius nih.
SI JABRICK                       : Oke deh, oke. Memangnya mau cerita apa?
LAKI-LAKI                        : Ini aku mau cerita tentang mimpiku semalam. Semalam aku mimpi di datangi oleh seorang perempuan yang cantik. Dia meminta tolong kepadaku. Dia ingin aku menyelamatkan dia. Tapi aku bingung dia meminta tolong apa. Aku sungguh takut akan bicaranya itu. Suaranya menyeramkan sekali.
SI JABRICK                       : Terus aku harus bagaimana? Tolong ceritakan kejadian secara detailnya.
MEREKA TELAH SAMPAI DIKANTOR TEMPAT MEREKA BEKERJA. KETIKA SI LAKI-LAKI HENDAK MENCERITAKAN KEPADA TEMANNYA ITU DI JARAK 3 METER PEREMPUAN ITU MENAMPAKKAN DIRI DAN BERKATA PADANYA.
PEREMPUAN                    : To…tolong aku!
LAKI-LAKI                        : Ba…baiklah, brick.
Nan…nan…nanti ketika wak…wak…waktu istirahat akan aku ceritakan.
SI JABRICK                       : Kamu kenapa kok ngomongnya seperti orang melihat hantu.
LAKI-LAKI                        : Me…memangnya kamu tidak melihatnya? (menunjuk perempuan itu)
SI JABRICK                       : Melihat apa? Aku tidak melihat apa-apa tuh.
LAKI-LAKI                        : Perempuan itu ada disini.
SI JABRICK                       : Mana aku tidak melihat apa-apa. Baik nanti waktu istirahat ceritakan padaku.
WAKTU ISTIRAHAT PUN TIBA.
SI JABRICK                       : Ayo tadi kamu mau bercerita.
LAKI-LAKI                        : Oh iya. Hehe lupa. Jadi begini, perempuan yang datang ke mimpiku dia ingin aku menolongnya agar jasad tubuhnya ditemukan dan menguburnya.
SI JABRICK                       : Haaa…kamu sudah gila apa?
LAKI-LAKI                        : Ah kamu itu minta diceritakan. Kamunya malah bilang aku gila.
SI JABRICK                       : Haha…maaf-maaf. Terus lanjutannya bagaimana?
LAKI-LAKI                        : Si perempuan itu mengajak aku ke masa lalunya.
SI JABRICK                       : Bagaimana cerita masa lalunya?
LAKI-LAKI                        : Begini, waktu itu siang hari, brick. Dia sedang menunggu pacarnya yang hendak mengajak perempuan itu untuk pergi kencan. Dia begitu cantik ketika masih hidup. Pacarnya juga begitu tampan. Ketika sudah lama menunggu akhirnya pacarnya datang lalu mereka berdua pergi kencan. Tapi ketika ditengah perjalanan mereka dicegat oleh beberapa penjahat. Perempuan itu diseret keluar mobil dibawa jauh dari pacarnya. Si perempuan itu tidak tahu apa yang terjadi dengan pacarnya. Mereka berdua berpisah waktu itu. Perempuan itu dibawa penjahat ke dalam semak-semak, lalu dia diperkosa sampai pingsan dulu sebelum akhirnya mati. Jasad perempuan itu dikubur hidup-hidup. Nah sekarang dia minta tolong agar jasadnya dikubur secara baik.
SI JABRICK                       : mengerikan sekali.
LAKI-LAKI                        : terus aku harus bagaimana ini, brick?
SI JABRICK                       : ah menurutku kamu harus datangi tempat dia dikubur secara hidup-hidup.

Demikian sedikit ilmu tentang contoh naskah drama satu babak yang saya buat sendiri. Naskah di atas hanya sebagai contoh apabila kalian ingin digunakan boleh-boleh saja, asalkan diberi karya siapa ya. Baiklah sekian yang dapat saya bagikan kepada kalian semuanya, terima kasih.

1 komentar