KTSP |
Hallo sobat blogger kembali berjumpa dengan admin. Kali ini admin akan membagikan SKKD Kelas VII SMP, baik langsung saja di simak.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Berbicara
6. Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
Membaca
7. Memahami berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara
|
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
|
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
|
Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
|
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca dengan membaca intensif dan
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca dengan membaca memindai
|
Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
|
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan puisi
|
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
|
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial
|
Membaca
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak (asli atau terjemahan)
|
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak (asli atau terjemahan)
|
Menulis
16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
|
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
|
Tidak ada komentar