MENYIMAK INFORMASI DARI BERBAGAI LAPORAN
Disusun untuk memenuhi tugas Keterampilan Menyimak
Dosen Pengampu
Deby Luriawati Naryatmojo, S.Pd.,M.Pd.
Oleh
Irfan Nursandi 2101412009
Irfan Nursandi 2101412009
Imanuddin Akhmad Al- Islami 2101412021
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
2013
Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah yang berjudul ”Menyimak Informasi dari Berbagai Laporan” ini membahas mengenai hakikat laporan, cara menyimak laporan perjalananserta berbagai aspek yang lain. Dalam penulisan makalah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karenanya, penulis mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak-pihak tersebut. Penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.
Hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan penulis. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita.
Semarang, 03 Mei 2013
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................... i
PRAKATA ........................................................................................ ii
DAFTAR ISI ..................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN ................................................................ 1
1.1 Latar Belakang .............................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah .......................................................... 2
1.3 Tujuan Makalah ............................................................. 3
BAB II PEMBAHASAN ................................................................... 4
2.1 Hakikat Laporan ............................................................. 4
2.1.1 Pengertian Laporan Menurut Para Ahli ................ 4
2.1.2 Fungsi Laporan ................................................... 4
2.1.3 Tujuan Laporan ................................................... 4
2.1.4 Syarat Pembuatan Laporan .................................. 4
2.1.5 Jenis-jenis Laporan .............................................. 4
2.1.6 Bentuk Laporan ................................................... 5
2.2 Laporan Perjalanan .......................................................... 5
2.2.1 Definisi Laporan Perjalanan .................................. 5
2.2.2 Cara Menyimak Laporan Perjalanan ..................... 6
2.2.3 Faktor yang Mempengaruhi .................................. 6
2.2.4 Aspek yang di nilai ............................................... 7
BAB III PENUTUP ........................................................................ 9
3.2 Simpulan ............................................................ 9
3.3 Saran ................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA
SOAL EVALUASI
LAMPIRAN
HASIL EVALUASI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bahasa mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia di dunia karena bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa merupakan alat yang digunakan oleh manusia untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. Manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, baik itu berupa bahasa lisan maupun bahasa tulis. Bahasa digunakan dalam berbagai aktivitas manusia. Semakin tinggi kemampuan berbahasa semakin baik pula penggunaan bahasa dalam berkomunikasi.
Bahasa memiliki empat keterampilan dasar, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan juga menulis. Keterampilan berbahasa diperoleh dengan urutan yang teratur, yaitu mulai dari proses menyimak, bericara, membaca, dan menulis. Menyimak dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Pada kegiatan ini manusia menggunakan bahasa untuk memahami pesan. Berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif. Pada kegiatan ini siswa mampu menghasilkan sesuatu, baik berupa ujaran maupun tulisan.
Sebagai salah satu kegiatan berbahasa, menyimak merupakan keterampilan yang cukup mendasar dalam kegiatan komunikasi. Manusia mampu menerima pesan melalui kegiatan menyimak. Manusia mendengar dan melihat lalu mengolah simbol menjadi pesan. Kemampuan manusia dalam menerima pesan berbeda-beda. Penyimak yang aktif akan menerima, menangkap, memahami, dan mengingat serta mampu memberikan informasi kepada orang lain.
Kegiatan menyimak merupakan kegiatan yang cukup mendasar dalam aktivitas komunikasi. Kegiatan menyimak, menurut Sutari (1998: 8), lebih banyak dilakukan daripada kegiatan berbahasa yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan menyimak harus ditingkatkan menjadi lebih baik karena sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat maupun lingkungan sekolah khususnya pembelajaran di kelas.
Menyimak laporan perjalanan secara tidak sadar sering kita lakukan. Hal ini terjadi ketika teman kita menceritakan perjalanan wisatanya. Pada kegiatan tersebut kita telah melakukan kegiatan menyimak. Menyimak laporan perjalanan menjadi bagian yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari ataupun untuk pembelajaran di sekolah. Pada pembelajaran di sekolah, siswa diharapkan mampu mendengarkan, memahami, dan memberikan tanggapan terhadap gagasan, kritikan, atau pendapat yang bisa digunakan siswa untuk diterapkan dalam kehidupannya. Melalui kegiatan menyimak itulah siswa akan mendapatkan berbagai tambahan informasi.
Pelajaran bahasa Indonesia di sekolah masih dianggap sebagai pelajaran yang tidak penting sehingga siswa cenderung menyepelekan pelajaran tersebut. Hal ini dikarenakan penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga siswa semakin tidak bersemangat.
Menyimak sebagai salah satu keterampilan berbahasa dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang mampu membuat siswa tertarik. Jika siswa mempunyai kemampuan menyimak yang baik maka akan memudahkan siswa menangkap pesan dan memahami apa yang disampaikan guru. Siswa akan mudah berinteraksi dengan orang lain.
1.2 Rumusan Masalah
Di lihat dari latar belakang diatas maka pembahasan akan di fokuskan pada masalah-masalah sebagai berikut ini.
1.2.1 Apa pengertian dari laporan?
1.2.2 Apa fungsi dari laporan?
1.2.3
Apa tujuan dari laporan?
1.2.4 Bagaimana syarat pembuatan laporan?
1.2.5 Apa jenis-jenis dari laporan?
1.2.6 Apa bentuk dari laporan?
1.2.7 Apa pengertian laporan perjalanan?
1.2.8 Bagaimana cara menyimak laporan perjalanan?
1.2.9 Faktor-faktor apa yang mempengaruhi laporan perjalanan?
1.2.10 Aspek apa yang di nilai dalam laporan perjalanan?
1.3 Tujuan Makalah
1.3.1 Agar pembaca dapat memahami hakikat laporan
1.3.2 Agar pembaca dapat memahami hakikat laporan perjalanan
1.3.3 Agar pembaca dapat mengetahui cara menyimak informasi dari berbagai laporan
1.3.4 Agar pembaca dapat memahami factor-faktor yang mempengaruhi laporan perjalanan
1.3.5 Agar pembaca mengetaui aspek yang dinilai dari menyimak laporan perjalanan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 HAKIKAT LAPORAN
2.1.1 Pengertian Laporan Menurut Para Ahli
Menurut Keraf (2001: 284), Laporan adalah suatu cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
Laporan berisi informasi yang didukung oleh data yang lengkap sesuai dengan fakta yang ditemukan. Data disusun sedemikian rupa sehingga akurasi informasi yang kita berikan dapat dipercaya dan mudah dipahami (Soegito dalam Wardani 2008).
2.1.2 Fungsi laporan
a. memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan, kebijakan, keputusan ataupemecahan masalah.
b. memberitahukan atau menjelaskan pertanggungjawaban tugas dan kegiatan.
c. merupakan bahan untuk pendokumentasian.
d. merupakan sumber informasi.
2.1.3 Tujuan laporan
a. mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
b. mengadakan pengawasan dan perbaikan.
c. mengambil suatu keputusan yang lebih efektif.
2.1.4 Syarat pembuatan laporan
a. menggunakan bahasa yang jelas, singkat, dan benar.
b. mengemukakan isi laporan dengan lengkap dan sistematis.
2.1.5
Jenis-jenis laporan
|
a. ada halaman judul
b. ada surat atau pernyataan penyesalan
c. ada daftar isi
d. ada ikhtisar atau abstrak
e. ada pendahuluan, isi, dan penutup
Laporan non formal adalah laporan yang tidak memenuhi beberapa unsur formal di atas.Laporan ini bersifat pribadi yang disesuaikan dengan kepentingan penulisannya.
2.1.6 Bentuk laporan
Berdasarkan bentuknya laporan dibedakan atas:
a. Laporan berbentuk formulir isian
b. Laporan berbentuk surat
c. Laporan berbentuk memorandum atau nota
d. Laporan jurnalistik
e. Laporan ilmiah/penelitian (makalah, skripsi tesis, dan disectasi)
f. Laporan percobaan
g. Laporan hasil pengamatan
h. Laporan perjalanan
2.2 LAPORAN PERJALANAN
2.2.1 Definisi Laporan Perjalanan
Juhara (dalam Wardani 2008) menyebutkan bahwa laporan perjalanan merupakan salah satu bentuk laporan yang berisi kegiatan seseorang dalam melakukan perjalanan ke suatu tempat yang dikunjunginya.
Sejalan dengan pendapat Juhara, Soegito (dalam Wardani 2008) menyimpulkan bahwa laporan perjalanan harus berdasarkan pengamatan, pengalaman, dan observasi langsung pada tempat tertentu yang kita kunjungi.
2.2.2
Cara Menyimak Laporan Perjalanan
Untuk melakukan kegiatan menyimak pada laporan perjalanan, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.
2.2.2.1 Harus konsentrasi (Fokus pada isi laporan).
2.2.2.2 Bersikap tenang dengan mendengarkan sungguh-sungguh.
2.2.2.3 Menyimak isi dari laporan perjalanan dengan seksama.
2.2.2.4 Mencatat unsur-unsur 5W+1H.
2.2.2.5 Menyimpulkan hasil dari isi laporan (berdasarkan unsur 5W+1H).
2.2.3 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Menyimak Laporan Perjalanan
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran menyimak laporan perjalanan. Semua faktor tersebut juga menunjang peningkatan keterampilan menyimak, khususnya menyimak laporan perjalanan.
Djago Tarigan menuturkan bahwa efektivitas menyimak bergantung atas beberapa faktor, yaitu pembicara, pembicaraan, situasi, dan penyimak.
Faktor pertama, pembicara. Pembicara adalah orang yang menyampaikan pesan, ide, informasi kepada para pendengar melalui bahasa lisan. Pembicara harus benar-benar menguasai bahan yang dibicarakan. Dalam menyampaikan bahan, si pembicara harus berbicara dengan jelas, intonasi yang tepat, susunan kalimatnya sederhana dan benar dalam bahasa yang mudah dimengerti, serta harus sistematis. Pembicara harus percaya pada kemampuan diri sendiri, gaya berbicara dengan penampilan yang sederhana tetapi menarik, serta pembicara berusaha mengadakan kontak dan menguasai para pendengarnya.
Faktor kedua, pembicaraan. Pembicaraan adalah isi atau pesan yang disampaikan oleh pembicara. Pembicaraan harus memenuhi syarat-syrat tertentu agar sesuai dengan selera pendengar. Syarat tersebut antara lain: (a) pembicaraan harus sesuatu yang baru atau aktual, (b) pembicaraan harus sesuatu yang bermakna, berarti, dan bermanfaat bagi pendengar, (c) pembicaraan haruslah sesuatu yang menarik dan dalam lingkaran pusat minat pendengar, (d) pembicaraan tersusun dalam sistematika yang mudah ditangkap oleh pendengar, dan (e) taraf kesukaran pembicaraan hendaknya seimbang dengan taraf kemampuan pendengar.
Faktor keempat, penyimak. Penyimak adalah orang yang mendengarkan dan memahami isi bahan simakan yang disampaikan oleh pembicara dalam suatu peristiwa menyimak. Di antara keempat faktor pembantu keefektivan menyimak, yakni faktor pembicara, pembicaraan, situasi, dan penyimak, faktor yang terpenting adalah faktor peyimak, sebab walaupun ketiga faktor lainnya sudah sedemikian baik menunjang efektivitas menyimak, tetap tidak akan terjadi kegiatan menyimak jika si penyimak sendiri tidak mau terlibat dalam kegiatan menyimak.
Sejalan dengan pendapat Tarigan, Syarifah menyimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kegiatan menyimak ada enam, yaitu: (1) faktor fisik, (2) faktor pengalaman, (3) faktor sikap, (4) faktor motivasi, (5) faktor jenis kelamin, dan (6) faktor lingkungan.
2.2.4 Aspek-Aspek Yang Dinilai
Penilaian menyimak laporan perjalanan dapat dilihat dari :
1. Aspek kebahasaan:
(b) kelogisan penafsiran
(c) ketahanan konsentrasi
2. Aspek pelaksanaan dan sikap:
(a) menghargai
(b) kesungguhan
(c) kritis
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Laporan adalah suatu bentuk penyampaian informasi yang didukung oleh data yang lengkap sesuai dengan fakta sehingga informasi yang diberikan dapat dipercaya serta mudah dipahami. Dalam penyampaiannya, laporan dapat bersifat lisan maupun tertulis.
Laporan perjalanan adalah laporan yang berisi kegiatan seseorang dalam melakukan perjalanan ke suatu tempat yang didasarkan pada pengamatan, pengalaman, dan observasi langsung terhadap tempat yang dikunjungi. Laporan perjalanan dapat berisi persiapan sebelum perjalanan dilakukan, kegiatan selama perjalanan berlangsung, serta tujuan yang didapat setelah perjalanan berlangsung.
3.2 Saran
Setelah membahas menyimak informasi dari berbagai laporan ini. Maka kami berharap kegiatan menyimak lebih di utamakan dan di pelajari lebih mendalam, khususnya dalam kehidupan sehari- hari dan menanamkannya pada murid-murid agar mengerti apa itu menyimak laporan perjalanan dan laporan-laporan yang lain.
DAFTAR PUSAKA
Tarigan, Henry Guntur, Prof., DR. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Percetakan Angkasa: Bandung.
http://sudutpintar-bi.blogspot.com/2012/08/menganalisis-dan-menanggapi-laporan.html(diakses tanggal 25 maret 2013)
http://odazzander.blogspot.com/2011/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html(diakses tanggal 25 maret 2013)
http://prabareta.blogspot.com/2009/01/keterampilan-menyimak.html (diakses tanggal 25 maret 2013)
http://rama-14.blogspot.com/2012/04/bahasa-indonesia-laporan.html(diakses tanggal 25 maret 2013)
Tidak ada komentar