Assalamu alaikum wr. Wb.
Halo kalian semua, berjumpa lagi dengan saya. Pada artikel ini saya
akan memberikan sebuah pengetahuan mengenai tujuan dan karakteristik dari
kurikulum ktsp. Suatu kurikulum pasti memiliki sebuah tujuan dan karakteristik
tentunya untuk mencapai suatu tujuan khusus yang diinginkan negara ini yaitu
mencerdaskan anak-anak penerus bangsa di masa depan.
Tujuan dan Karakteristik KTSP |
TUJUAN KURIKULUM KTSP/2006
Secara umum tujuan diterapkannya KTSP adalah untuk memandirikan dan
memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada
lembaga pendidikan.
Pertama, secara khusus tujuan diterapkannya KTSP adalah untuk
meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam
mengembangkan kurikulum, mengelola, dan memberdayakan sumber daya yang
tersedia.
Kedua, meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam
pengembangan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama. Sebagai kurikulum
operasional, KTSP menuntut keterlibatan masyarakat secara penuh, sebab tanggung
jawab pengembangan kurikulum tidak lagi berada di pemerintah, akan tetapi
disekolah, sedangkan sekolah akan berkembang manakala ada keterlibatan
masyarakat.
Ketiga, meningkatkan kompetisi yang sehat antar satuan pendidikan
tentang kualitas pendidikan yang akan dicapai. Melalui KTSP diharapkan setiap
sekolah atau satuan pendidikan akan berlomba dalam menyusun program kurikulum
sekaligus berlomba dalam mengimplementasikannya.
KARAKTERISTIK KURIKULUM
KTSP/2006
Kurikulum terdiri atas 4 desain, yakni desain kurikulum disiplin ilmu
atau yang dikenal dengan kurikulum subjek akademis, kurikulum pengembangan
individu yang sering kita kenal dengan kurikulum humanistik, kurikulum
berorientasi pada pada kehidupan masyarakat atau yang kita kenal dengan
rekontruksi sosial serta kurikulum teknologis.
Dihubungkan dengan konsep dasar dan desain kurikulum diatas, maka KTSP
memiliki unsur tersebut yang sekaligus merupakan karakteristik KTSP itu
sendiri, yakni :
Pertama, Dilihat dari desainnya KTSP adalah kurikulum yang beroriantasi
kepada disiplin ilmu. Hal ini dapat kita lihat pertama, struktur program KTSP
yang memuat sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik.
Kedua, kriteria keberhasilan KTSP lebih banyak di ukur dari kemampuan siswa menguasai
materi pelajaran .
Kedua, KTSP adalah kurikulum yang berorientasi pada pengembangan
individu. Hal ini dapat dilihat dari prinsip-prinsip pembelajaran dalam KTSP
yang menekankan pada aktivitas siswa untuk mencari dan menemukan sendiri materi
pelajaran melalui berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran yang
disarankan.
Ketiga, KTSP adalah kurikulum yang mengakses kepentingan daerah. Hal
ini tampak pada salah satu prinsip KTSP, yakni berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Keempat, KTSP merupakan kurikulum teknologis. Hal ini dapat dilihat
dari adanya standar kompetensi, kompetensi dasar yang kemudian dijabarkan pada
indikator hasil belajar, yakni sejumlah perilaku yang terukur sebagai bahan
penilaian.
Demikian sedikit teori tentang tujuan dan karakteristik dari kurikulum
ktsp/2006. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih sudah berkunjung di
blog saya.
Wassalamu alaikum wr. Wb
Tidak ada komentar