Contoh Surat Pembaca

Contoh Surat Pembaca
Contoh Surat Pembaca
Contoh Surat Pembaca - Indonesiaku Halo sobat sekalian, sesuai janji saya pada artikel Langkah-langkah Cara Membuat Surat Pembaca bahwa saya akan membagikan contoh dari surat pembaca. Memang kali ini saya akan membagikan kepada kalian contoh dari surat pembaca, dengan memahami contoh surat pembaca berikut ini atau kalian bisa mencarinya di surat kabar atau majalah nanti kalian akan lebih membantu kalian dalam menulis surat pembaca. Mari kita pelajari bersama-sama.

Contoh Surat Pembaca sebagai berikut

PELAYANAN BURUK DI KANTOR PAJAK

Banyak tulisan atau iklan di tempat keramaian umum, seperti stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara serta billboard besar di tepi jalan raya agar masyarakat sadar membayar pajak. Sangat disayangkan imbauan itu tidak diikuti pelayanan yang baik oleh semua pegawai kantor pajak.

Saya mengunjungi lima tempat pelayanan terpadu kantor pajak, yaitu 2 kantor di Jakarta Barat, 2 di Jakarta Selatan dan 1 di Tangerang. Saya menjumpai beberapa pelayanan buruk di gerai (kounter) pelayanan yang tidak jauh berbeda. Sebagian besar petugas melayani tanpa senyum, tanpa mengucapkan terima kasih, tidak ramah, ada yang pada jam pelayanan terlihat memakai sandal jepit di sekitar gerai (kounter), toilet kotor, dan pelayanan lambat. Saat masuk ke suatu ruangan di lantai atas, saya melihat ada pegawai yang sedang baca koran, ngobrol, dan suasana kerja santai sekali, padahal masih jam kerja.
Sementara itu, untuk ganti nama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) waktunya lama, paling cepat satu bulan. Petugas yang melayani pun belum datang meski sudah jam kerja. Ketika waktu istirahat, petugas tidak bergiliran. Akibatnya, kantor sudah tutup, wajib pajak masih antre. Begitu pula dengan tempat parkir. Paling depan/paling nyaman untuk kepala kantor atau pegawai pajak. Adapun wajib pajak sebaliknya.

Mesin Q untuk antre ada, tetapi tidak difungsikan sehingga tidak ada kenyamanan, apalagi pelayanan memuaskan. Padahal, kunjungan wajib pajak untuk menunjang pemasukan negara. Saya merasa visi/moto Direktorat Jendral Pajak (DJP) yang tertulis mencolok di Kantor Pelayanan Pajak Kantor Wilayah DJP Jakarta Barat Dua: “Menjadi Model Pelayanan Masyarakat yang Menyelenggarakan Sistem dan Manajemen Perpajakan Kelas Dunia. Yang Dipercaya dan Dibanggakan Masyarakat,” masih terbatas slogan. Diharapkan, Direktur Jendral Pajak melakukan kunjungan secara rahasia mendadak ke kantorkantor  pelayanan pajak sehingga dapat mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan oleh bawahannya. Jangankan bertemu dengan kepala kantor, ingin memberi masukan tentang PBB saja bukan main sulitnya, hanya cukup dilayani Kepala Seksi Eselon IV, seperti yang saya alami di Kantor Pelayanan Pajak Kanwil DJP Jakarta Selatan II di Jalan KH. A. Dahlan.
Adji Bintarto,Komplek DPR RI II C 25, Meruya Selatan Jakarta.

Sumber: Kompas, 12 September 2007

Demikian Contoh Surat Pembaca, semoga bermanfaat bagi kalian. Setelah mengetahui apa itu surat pembaca, kemudian Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat pembaca, mengetahui langkah-langkah dalam membuat surat pembaca dan sekarang sudah paham contoh dari surat pembaca saatnya bagi kalian untuk mencoba menulis surat pembaca dengan kalimat kalian masing-masing sesuai dengan pengetahuan yang telah kalian pelajari dari blog ini. Apabila masih merasa bingung bisa berkomentar di kolom komentar kita belajar bersama-sama. Sekian Terima kasih

Tidak ada komentar